Review: Pengembangan Branding Bangkalan Sebagai Kota dengan Kultur Islami yang “Sustainable”

Penulis

  • Dian Wicaksono
  • Mira Dianfitria Balitbang Kabupaten Bangkalan
  • Andang Pradana

DOI:

https://doi.org/10.60128/parjhuga.v1i1.2

Kata Kunci:

pembangunan, Bangkalan, pariwisata, halal, branding

Abstrak

Munculnya pandemi COVID-19 di awal tahun 2020 telah memberikan tantangan berat bagi Kabupaten Bangkalan dalam mengakselerasi pertumbuhan perekonomian. Dalam menghadapi momentum- momentum pada tahun 2020 – 2030, maka Kabupaten Bangkalan membutuhkan Strategic Roadmap 2030 sebagai acuan arah pembangunan dan memperkuat persepsi stakeholder terhadap brand Kabupaten Bangkalan.  Tahapan pembangunan tersebut yaitu (1) Mengembangkan Pariwisata Halal yang terintegrasi dengan memanfaatkan Entrepreneurial Mindset, (2) Pengembangan Ekosistem Industri Halal Untuk Pengembangan Ekonomi, (3) Mewujudkan Kota Islam yang Berkelanjutan. Pada fase pembangunan pertama mengusung tema target pembangunan yaitu “Integrated Halal Tourism with Entrepreneurial Spirit”. Fase pertama ini merupakan fase pemulihan (recovery) perekonomian akibat situasi pandemi. Pengembangan potensi wisata dapat menjadi alternatif terbaik untuk menjadi quick win pengembangan Kabupaten Bangkalan dengan memanfaatkan sumber daya lokal yang sudah tersedia melalui berbagai kolaborasi. Pada konsep Halal Entrepreneurial Mindset, pariwisata halal yang terintegrasi di Kabupaten Bangkalan dapat dibangun melalui 3 kunci utama: (1) Memanfaatkan peluang dalam menarik wisatawan, (2) Berani mengambil risiko untuk mengembangkan produk pariwisata, dan (3) Kolaborasi dalam meningkatkan brand pariwisata Bangkalan.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahyani, H., Muharir, M., & Ulya, W. (2021). Potensi Wisata Halal Kota Banjar, Jawa Barat di Era Revolusi Industri 4.0. Tornare: Journal of Sustainable and Research, 3(1), 4-12.

Al Qital, S., Sunarya, S. L., & Rusydiana, A. S. (2022). Manajemen Pariwisata Halal. Ar Rehla: Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, 2(2), 140-157.

Ashari, R. T. (2021). Pengembangan sistem logistik produk halal di Indonesia. Halal Research Journal, 1(1), 8-19.

Basyariah, N. (2021). Konsep pariwisata halal perspektif ekonomi Islam. Youth & Islamic Journal, 2(1), 1-6.

Diaz, A.S., & Nurhayati, E. (2019). The Development of Human Capital for the Halal Industry: Islamic Management Perspective. Nizham Journal of Islamic Studies, 7(02), 168-177.

Destiana, R., & Astuti, R. S. (2019, November). Pengembangan Pariwisata Halal di Indonesia. In Conference on Public Administration and Society (Vol. 1, No. 01).

Ferdiansyah, H. (2020). Pengembangan pariwisata halal di Indonesia melalui konsep smart tourism. Tornare: Journal of Sustainable and Research, 2(1), 30-34.

Hermawan, E. (2019). Strategi Kementerian Pariwisata Indonesia Dalam Meningkatkan Branding Wisata Halal. Jurnal Ilmu Manajemen dan Akutansi, 7(2), 87-95.

Kamila, E. F. (2021). Peran Industri Halal Dalam Mengdongkrak Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Era New Normal. LIKUID: Jurnal Ekonomi Industri Halal, 1(1), 33-42.

Kartajaya, Hermawan., & Setiawan, Iwan. (2014) WOW Marketing, Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.

Makhtum A., & Farabi E. M. (2021). Pemetaan Potensi Sertifikasi Halal pada Sektor Produk Makanan dan Minuman Unggulan di Kabupaten Bangkalan. Jurnal Islamic Economics,

Finance, and Banking, 214-225.

Nasution, S. (2021). Konsep Pariwisata Halal Berbasis Ekonomi Kreatif Dengan Sharia Regulation Dalam Meningkatan Pendapatan Dan Kesejahteraan Masyarakat Di Sumatera Utara. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 21(2), 250-261.

Rachmiatie, A., Fitria, R., Suryadi, K., & Ceha, R. (2020). Strategi Komunikasi Pariwisata Halal Studi Kasus Implementasi Halal Hotel di Indonesia dan Thailand. Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 4(1), 56-74.

Reza, V. (2020). Pariwisata Halal Dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia. Jurnal An-Nahl, 7(2), 106-112.

Sari, F. K., Safitri, N., & Anggraini, W. (2019). Persepsi, sikap dan minat pariwisata halal di daerah istimewa Yogyakarta. Ihtifaz: Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking, 2(2), 137-156.

Subarkah, A. R., & Rachman, J. B. (2020). Destination branding Indonesia sebagai destinasi Wisata halal. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 4(2), 84-97.

Wibowo, M. G. (2020). Indeks Pariwisata Halal (Implementasi Fatwa DSN MUI Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata berdasarkan Prinsip Syariah di Kota Bukittinggi). JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 10(2), 84-95.

Unduhan

Diterbitkan

06/07/2023

Cara Mengutip

Wicaksono, D., Dianfitria, M., & Pradana, A. (2023). Review: Pengembangan Branding Bangkalan Sebagai Kota dengan Kultur Islami yang “Sustainable”. Parjhuga : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Daerah, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.60128/parjhuga.v1i1.2

Terbitan

Bagian

Artikel