Sistem Pengelolaan Sampah Perkotaan Bangkalan Rumah Daur Ulang (RDU) Solutif, Inspiratif ban Lo’larang (RADA USIL)

Penulis

  • Anang Yulianto Hari Purnomo Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangkalan
  • Makhlus Syadat Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangkalan
  • Mira Dianfitria Doktor Ilmu Administrasi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.60128/parjhuga.v1i2.10

Abstrak

Perkembangan timbulan limbah rumah tangga berupa sampah yang terdapat di masyarakat, dewasa ini telah memberikan sumbangan besar terhadap penurunan kesehatan masyarakat. Di lain pihak hal tersebut juga memberi dampak pada lingkungan akibat buangan sampah maupun eksploitasi sumberdaya yang semakin intensif dalam pengembangan perekonomian masyarakat. Rumah Daur Ulang (RDU) Rumah Daur Ulang Solutif, Inspiratif bang Lo’ Larang (Rada Usil) menjadi alternatif yang menjanjikan dalam pengelolaan persampahan dengan konsep zero waste, Dimana pada prakteknya mampu mengolah sampah yang dekat dengan sumber sehingga memangkas biaya operasional pengangkutan secara signifikan dan menghasilkan produk unggulan berupa briket arang. Briket arang Rumah Daur Ulang memenuhi syarat dan layak untuk dijadikan bahan bakar Energi Baru Terbarukan (EBT). Efisiensi dalam pemanfaatan, pemrosesan, dan daur ulang sampah, akan menghasilkan keunggulan kompetitif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Artiningsih, N.K.A., 2008. Peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga (Studi kasus di Sampangan dan Jomblang, Kota Semarang) (Doctoral dissertation, program Pascasarjana Universitas Diponegoro).

Firman, L.S. 2010. Pengelolaan Sampah Pemukiman berbasis Masyarakat:studi Kasus Jakarta Selatan

FItrotin Jamilah. 2014. Strategi Penyelesaian Sengketa Bisnis. Medpress Digital, Yogyakarta

Kurniaty, Y., Nararaya, W.H.B., Turawan, R.N. and Nurmuhamad, F., 2016.

Mengefektifkan Pemisahan Jenis Sampah Sebagai Upaya Pengelolaan Sampah Terpadu Di Kota Magelang. Varia Justicia, 12(1), pp.135-150.

Sahil, J., Al Muhdar, M.H.I., Rohman, F. and Syamsuri, I., 2016. Sistem pengelolaan dan upaya penanggulangan sampah di Kelurahan Dufa-Dufa Kota Ternate. BIOEDUKASI, 4(2).

Sumarto, S., 2016. Community engagement waste management dengan activated carbon (nano porus materials), bioarang dan kompos: mengatasi pengelolaan sampah dengan bioarang, activated carbon dan kompos bagi masya¬ rakat desa parit dan kebun ix kec. Sungai gelam kab. Muara Jambi.

SURYANI, H., 2017. Model Pelatihan Motivation, Innovative, Development, Achievement (MIDA) dalam Pengelolaan Limbah Industri Pakaian Jadi (Doctoral dissertation, Pascasarjana).

Trina Ayuni, Dodik Ridho Nurrochmat, dan Nastiti Siswi Indrasti, 2016. Strategi Pengelolaan Limbah Elektronik Melalui Pengembangan Infrastruktur Ramah Lingkungan.

Purnomo, Anang Y.H., 2023. Rada Usil Rumah Daur Ulang (RDU) Solutif,, Inspiratif ban Lo’Larang. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Timur.

Risalah Kebijakan Pertanian dan Lingkungan, 3(1), Pp.78-86.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 tentang Pengelolaan Sampah

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Qomariyah, S.L., 2014. Strategies Used By The High And Low Writing Ability Students To Develop Writing Skill At Muhammadiyah University Of Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Unduhan

Diterbitkan

12/29/2023

Cara Mengutip

Purnomo, A. Y. H. ., Syadat, M. ., & Dianfitria, M. (2023). Sistem Pengelolaan Sampah Perkotaan Bangkalan Rumah Daur Ulang (RDU) Solutif, Inspiratif ban Lo’larang (RADA USIL). Parjhuga : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Daerah, 1(2), 69–78. https://doi.org/10.60128/parjhuga.v1i2.10

Terbitan

Bagian

Artikel