Internalisasi Nilai-Nilai Kepahlawanan Syaikhona Muhammad Kholil Sebagai Upaya Meningkatkan Jiwa Nasionalisme dan Patriotisme pada Generasi Muda

Penulis

  • Suherlin Suherlin Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Bangkalan
  • Nur Annisa Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Bangkalan
  • Erma Rusdiana Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.60128/parjhuga.v1i1.4

Kata Kunci:

pendidikan karakter, nasionalisme, patriotisme, nilai kepahlawanan, generasi muda

Abstrak

Pengusulan gelar pahlawan Syaikhona Mohammad Kholil menjadi momen penting untuk membangkitkan kembali nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme generasi muda. Pendidikan karakter untuk mencintai negara merupakan salah satu hal yang harus ditanamkan bagi generasi muda sedini mungkin. Karakter untuk mencinta bangsa dan negara merupakan fondasi awal untuk membentukan karakter jiwa nasionalisme dan upaya membangkitkan rasa nasionalisme pada generasi muda Indonesia. Penelitian tentang internalisasi nilai-nilai kepahlawanan ini bertujuan mengkaji strategi dan metode internalisasi nilai nasionalisme dan patriotisme serta memasukkan ketokohan Syaikhona Muhammad Kholil Syaikhona pada kurikulum sekolah menengah sebagai upaya meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme pada generasi muda. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Bangkalan pada tahun 2021. Data primer diperoleh melalui wawancara (interview) terstuktur dan tak terstruktur dengan responden atau informan adalah guru, Kepala Sekolah dan siswa. Selain itu dilakukan pula serangkaian FGD untuk memperoleh masukan dari para stakeholders. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai karakter yang ditanamkan oleh Saikhona Muhammad Kholil melalui pendidikan pesantren memiliki ciri khas dalam pembelajaran karakter yang bernilai islami sekaligus menanamkan nasionalisme

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Erma Rusdiana, Universitas Trunojoyo Madura

Fakultas Hukum

Referensi

Agus, W. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah: Konsep dan Praktik Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Amiroeddin, S, 1987. Perundang-undangan: Dasar, Jenis dan TeknIk Membuatnya, Jakarta, Bina Aksara.

Azzet, A.H. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Cholida, H. 2020. Analisis Yuridis Kedudukan Surat Edaran Dalam Sistem Hukum Indonesia. Humani (Hukum dan Masyarakat Madani). Vol 10 No. 2

Fadillah, M & Khorida. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Herianingrum, S. 2015. Implementasi Nilai Tabligh Pada Tenaga Pengajar dalam Proses Belajar Mengajar di Madrasah Aliyah Negeri Mojokerto. JESTT Vol. 2 No. 10.

Jamaluddin, M. 2015. Nasionalisme Islam Nusantara: Nasionalisme Santri. Jakarta: Kompas Media Pustaka.

Kusuma, D. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marwanti, E. 2016. Membangun Semangat Nasionalisme Trihayu. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 3, No 1.

Mastiah, I. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Menulis Argumentasi di MA Syamsul Huda Tegallinggah 1. Journal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 3, No 1.

Mulyasa, E. 2013.Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Mustari, M. 2014. Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Ronny, S. 1991. Pengantar Pembentukan UndangUndang RI. PT. Citra Aditya Bakti, Bandung.

Rusyan, H.A & Tabrani. 2013. Membangun Disiplin Karakter Anak Bangsa. Jakarta: Pustaka Dinamika

Samani, M & Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung Remaja Rosdakarya.

Saptono. 2011. Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. Jakarta: Erlangga

Satjipto R. 2000. Peranan dan Kedudukan Asas-Asas Hukum dalam Kerangka Hukum Nasional, (Makalah). FH Universitas Indonesia.

Soetandyo W. 1994. Dari Hukum Kolonial Ke Hukum Nasional: Dinamika Sosial Politik dan Perkembangan Hukum di Indonesia. Jakarta, Rajawali Press.

Sulistyowati, E. 2012. Implementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. Yogyakarta: PT Citra Aji Parama

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wahyuni, S. 2012. Perencanaan Pembelajaran Bahasa Berkarakter. Bandung: PT. Refika Aditama.

Zuriah, N. 2011. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara

Unduhan

Diterbitkan

06/07/2023

Cara Mengutip

Suherlin, S., Annisa, N., & Rusdiana, E. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Kepahlawanan Syaikhona Muhammad Kholil Sebagai Upaya Meningkatkan Jiwa Nasionalisme dan Patriotisme pada Generasi Muda. Parjhuga : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Daerah, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.60128/parjhuga.v1i1.4

Terbitan

Bagian

Artikel
##plugins.generic.dates.received## 2023-06-07
##plugins.generic.dates.accepted## 2023-06-07
##plugins.generic.dates.published## 2023-06-07