Pendampingan Pemasaran Syariah dan Pengelolahan Potensi Buah Sawo sebagai Inovasi Produk UMKM Desa Jukong Kecamatan Labang

Penulis

  • Tito Im Rahman Hakim Universitas Trunojoyo Madura
  • Diana Rahmatika Anggraeni Universitas Trunojoyo Madura
  • Nanda Shally Maulini Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.60128/parjhuga.v2i1.19

Kata Kunci:

potensi desa, pemanfaatan, pengolahan, buah sawo, UMKM, pemasaran syariah

Abstrak

Tujuan dari kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini adalah untuk memberikan edukasi mengenai pengolahan dan pemanfaatan potensi desa berupa buah sawo untuk pengembangan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Desa Jukong. Program pengabdian ini menargetkan pada pemberdayaan masyarakat untuk dapat mengolah dan berinovasi dengan sistem diversifikasi produk. Selain itu, memperkenalkan olahan produk lainnya dengan berbahan dasar berupa buah sawo agar masyarakatdapat lebih mengenal mengenai inovasi produk. Sebelumnya, masyarakat dikenalkan terlebih dahulu mengenai manfaat buah sawo serta kandungan khasiat yanga ada di dalamnya. Strategi pengabdian kepada masyarakat ini merupakan kebijakan yang efektif untuk dilakukan Desa Jukong mengingat potensi yang dimiliki berupa tersebarnya buah sawo di desa ini. Metode pendekatan dan prosedur kerja dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini mencakup tahapan awal berupa observasi, dilanjut dengan kegiatan sosialisasi mengenai manfaat buah sawo, diversifikasi produk, serta olahan inovasi buah sawo; introduksi inovasi pengolahan buah sawo dan penjelasan prosedur pengolahan, pelatihan membuat olahan buah sawo, serta evaluasi. Adapun hasil yang didapatkan yaitu masyarakat dapat memanfaatkan dan mengolah buah sawo sebagai dodol sawo sesuai dengan prosedur tahapan pengolahan. Produk yang dihasilkan dalam pelatihan ini dapat menjadi dijadikan pengembangan inovasi produk oleh masyarakat diamna kedepannya digunakan sebagai salah satu produk khas desa. Sehingga diharapkan mampu mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Desa Jukong yang dapat berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat. Pemasaran yang digunakan untuk mengembangkan produk yaitu pemasaran syariah. Pemasaran syariah digunakan karena sebagian besar masyarakat Desa Jukong beragama Islam. Masyarakat Desa Jukong ingin menerapkan nilai-nilai Islam dalam pemasaran untuk pengembangan produk inovasi sawo dan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan ekonomi Desa Jukong.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Saefullah, Encep. Inovasi dan Pengembangan UMKM Emping Melinjo pada Masa Pandemi COVID-19 dengan Optimalisasi Media Pemasaran dan Alat Produksi. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2021. Vol 2 No 2. 291-299

Zubaedah, Putri Amalia; Harsela, Chiska Nova. Strategi Marketing Syariah dalam Meningkatkan Penjualan. Co-Value: Jurnal Ekonomi, Koperasi dan Kewirausahaan. 2021. Vol 12 No 3. 91-97

Wantini Cicil; Hlida, Uly Mabruroh. Strategi Manajemen Pemasaran Syariah dalam Mekanisme Jual Beli Online. PERISAI: Islamic Banking and Finance Journal. 2022. Vol 6 No 1. 17-29

Izzalqurny, Tomy Rizky; Ilmia Ainun; & Mufidah Amiqotul. Pemanfaatan dan Pengolahan Potensi Buah Jeruk untuk Pengembangan Produk UMKM Desa Gunting Kecamatan Sukorejo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2022. Vol 4 No 1. 67-77

Juliprijanto Whinarko. Potensi Usaha Kecil dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan). 2020. Vol 5 No 1. 97-117

Halim Abdul. Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. GROWTH: Jurnal Ilmu Ekonomi Pembangunan. 2020. Vol 1 No 2. 157-172

Damayanti Roshalina; Rompis, Adrian Izaak. Penguatan Peran UMKM Melalui Pendampingan Pembuatan Laporan Keuangan. Journal Magistrorum Et Scholarum. 2021. Vol 01 N0 3. 379-390

Izzudin Ahmad; Santoso Budi; & Moulinda Thasya. Strategi Pemasaran Syariah Produk Kuliner Bumdes. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia. 2021. Vol 7 No 1. 25-33

Fathoni, Muhammad Anwar. Konsep Pemasaran dalam Perspektif Hukum Islam. Jurisdictie: Jurnal Hukum dan Syariah. 2018. Vol 9 No 1. 128-145

Jupri Ahmad; Prasedya, Eka S. Pengembangan Potensi Usaha Buah – Buahan Menjadi Aneka Makanan dan Minuman Segar dan Sehat sebagai Upaya Peningkatan Nilai Ekonomi Masyarakat Lingkungan Pasar Buah Bertais di Era New Normal. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. 2021. Vol 4 No 1. 253-256

Anggraeni, Feni Dwi; Hardjanto Imam; & Hayat Ainul. Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal dan Potensi Internal. Jurnal Administrasi Publik. 2021. Vol 1 No 6. 1286-1295

Basrowi; Ronaldo Reza. Analysis of Sharia Marketing Constraints in Indonesia. SHARE Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam. 2019. Vol 8 No 2. 207-237

Saputra Endra; Inayati, Nur Isna; & Hartikasari, Annisa Ilma. Pengembangan UMKM Berbasis Inovasi Produk dan E-Commerce di Desa Wangon Banyumas. Sangkabira. 2021. Vol 1 No 2. 72-77

Suranny, Lilyk Eka. Pengembangan Potensi Desa Wisata dalam Rangka Peningkatan Ekonomi Perdesaan di Kabupaten Wonogiri. Jurnal Litbang Sukowati. 2021. Vol 5 No 1. 49-62

Yuliana Eva; Lisaa; & Subkhi Nur. Pemanfaatan Buah Sawo (Manilkara Zapota) untuk Mengahsilkan Keripik dan Sirup di Desa Pawidean. Universitas Wiralodra. 2021. Vol 3 No 1. 53-60

Unduhan

Diterbitkan

03/22/2024

Cara Mengutip

Hakim, T. I. R., Anggraeni, D. R., & Maulini, N. S. (2024). Pendampingan Pemasaran Syariah dan Pengelolahan Potensi Buah Sawo sebagai Inovasi Produk UMKM Desa Jukong Kecamatan Labang. Parjhuga : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Daerah, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.60128/parjhuga.v2i1.19

Terbitan

Bagian

Artikel