Optimalisasi Penanaman Nilai Nasionalisme melalui Pendidikan Karakter pada Anak Kelas V UPTD SD Negeri Lembung Gunong 1 Kokop Bangkalan

Penulis

  • Hendi Yochanan UPTD SDN Lembung Gunong Kokop Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.60128/parjhuga.v2i1.15

Kata Kunci:

nasionalisme, karakter, siswa kelas V

Abstrak

Sekolah Dasar adalah pembelajaran awal yang diperoleh oleh siswa dalam penentuan masa depan anak. Pintu kesuksesann Pendidikan dapat ditentukan dari sumber daya yang ada di dalamnya, di antaranya sumber daya tersebut ialah Nilai Nasionalisme sebagai pembentuk Karakter siswa. Nilai Nasionalisme adalah hal yang sangat penting sebagai dasar pondasi pembentuk karakter siswa yang menunjukkan jiwa kebangsaan Indonesia. Membentuk karakter siswa di sekolah dapat dilakukan dengan memberikan penanaman Nilai nasionalisme yang bisa diwujudkan dalam beberapa kegiatan seperti halnya melatih disiplin siswa. Pendidikan Karakter pemanfaatannya dilaksanakan secara maksimal agar mampu menginternalisasi nasionalisme ke dalam kepribadiian siswa. Pendidikan berkarakter memiliki tujuan persiapan anak menjadi warga negara yang lebih baik, yaitu warga negara yang mempunyai kemampuaan, keinginan, dan mampu menerapkan nilai pancasila pada kehidupan berwarga negara. Namun guru seringkali dihadapkan pada anak yang belum menampilkan karakter nasionalisme, baik berkenaan dengan kedisiplinan, kepatuhan, bangga sebagai bangsa indonesia, serta anak yang belum paham sila pancasila. Hal tersebut terjadi di UPTD SDN Lembung Gunong 1 dikarenakan banyaknya siswa lebih menyukai bermain media sosial dan lebih tertarik budaya lagu asing, banyaknya siswa melanggar aturan sekolah, kurangnya konsentrasi, kurangnya percaya diri, tidak mampu bersosialisasi dengan baik serta siswa kurang bertanggung jawab. Maka berdasarkan pengalaman peneliti yang berkedudukan sebagai Guru kelas V di UPTD SD Negeri Lembung Gunong 1 akan melakukan penelitian yang berjudul “Optimalisasi Penanaman Nilai Nasionalisme Melalui Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas V UPTD SD Negeri Lembung Gunong 1 Kokop Bangkalan“.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Annisa, Miftah Nurul; Wiliah, Ade; Rahmawati, Nia. Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Bintang, 2020, 2.1: 35-48.

Bloom, B.S., 1979. Taxonomy Of Educational Objectives Book 1: Cognitive Domain. London: Longman Group LTD.

Hanum, Farida. 2009. Pendidikan Multikultural sebagai Sarana Membentuk Karakter Bangsa (dalam Perspektif Sosiologi Pendidikan). Makalah disampaikan pada Seminar Regional DIY-Jateng dan sekitarnya, 14 Desember.

Kusharyati, Indah. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Hubungan Antar Satuan Volume Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Variasi Garis Bilangan Pada Siswa Kelas VI SDN Jrengik 1 Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang. PTK Tidak diterbitkan. Sampang: SDN Jrengik 1.

Lickona, T. 1991. Educating For Character. New York : Bantam Books.

Omar Hamalik. 2005. Teori-teori Pembelajaran. Bandung : Pustaka Karya.

Sudjana. 2004. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Gramedia.

Suryadi, A. 2012. Outlook 2025 Pembangunan PendidikanIndonesia: Menuju Kualitas Yang Berdaya Saing Secara Global (The Indonesian Education Outlook 2025: Toward A Sustainable World Class Quality Level). Jakarta : Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wardhani, IGAK, et. al. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.

Unduhan

Diterbitkan

03/21/2024

Cara Mengutip

Yochanan, H. (2024). Optimalisasi Penanaman Nilai Nasionalisme melalui Pendidikan Karakter pada Anak Kelas V UPTD SD Negeri Lembung Gunong 1 Kokop Bangkalan. Parjhuga : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Daerah, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.60128/parjhuga.v2i1.15

Terbitan

Bagian

Artikel