Strategi Pengembangan Sate Sebagai Makanan Khas Daerah Madura

Penulis

  • Khoirul Hidayat Trunojoyo University
  • Henni Natalia Universitas Trunojoyo Madura
  • Rakhmawati Rakhmawati Universitas Trunojoyo Madura
  • R. Arief Firmansyah Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.60128/parjhuga.v1i2.1

Kata Kunci:

Instan, Sate Madura, Value Engineering

Abstrak

Sate merupakan salah satu produk lokal yang memiliki keunikan masing-masing berdasarkan bahan yang digunakan, cara pemasakan, maupun bumbu pelengkap yang digunakan. Sate Madura adalah salah satu sate khas daerah yang terkenal dengan kelezatan bumbu kacangnya. Kelemahan dari bumbu sate, yaitu memiliki umur simpan pendek serta merupakan produk yang dibuat berdasarkan permintaan konsumen. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu adanya pengembangan bumbu sate Madura instan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui alternatif bentuk produk bumbu sate Madura instan yang diinginkan konsumen. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode Value Engineering (VE),  karena mampu menciptakan produk biaya minimal dengan performansi yang maksimal. VE memiliki lima tahapan yaitu tahap informasi, kreatif, analisis, pengembangan, dan rekomendasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk produk yang diinginkan konsumen yaitu bumbu sate instan pasta. Terdapat lima atribut antara lain atribut rasa, warna, bentuk, kemasan, dan berat bersih. Nilai tertinggi dari kelima alternatif yang ditawarkan yaitu pada alternatif 2 dengan desain rancangan produk rasa original, warna kecoklatan, bentuk pasta, kemasan standing pouch, berat bersih 100 gram tiap kemasan. Selain itu, alternatif 2 termasuk alternatif dengan biaya produksi paling rendah yaitu Rp. 2.746,-, sehingga sesuai dengan tujuan penggunaan metode value eengineering, yaitu menurunkan biaya yang tidak diperlukan tetapi tetap menjaga kualitas produk dan tetap memperhatikan apa yang diinginkan konsumen.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Budihamsyah, Dani, and Boy Isma Putra. 2018. “Perbaikan Desain Alat Pemotong Tahu Dengan Pendekatan Rekayasa Nilai.” PROZIMA (Productivity, Optimization and Manufacturing System Engineering) 1(2): 123–35.

Cahyono, Mohammad Andi, and Sudarminto Setyo Yuwono. 2015. “Pengaruh Proporsi Santan Dan Lama Pemanasan Terhadap Sifat Fisiko Kimia Dan Organoleptik Bumbu Gado-Gado Instan. Jurnal Pangan dan Agroindustri 3(3).

Cahyono, Muhammad Jefi Nur, and Lantip Trisunarno. 2012. “Penerapan Metode Value Engineering Pada Pengembangan Desain Jamban Sehat Dan Ekonomis (Studi Kasus: Pengusaha Sanitasi Jawa Timur).” Jurnal Teknik ITS 1(1): A506–9.

Chandra, Stevanus Trisna. 2015. “Analisa Proses Dan Evaluasi Pengembangan Produk Baru (New Product Development) Pada UD Raja Maritim.” Agora 3(1): 285–92.

Heller, Edward D. 1971. Value Management: Value Engineering and Cost Reduction. Addison-Wesley Publishing Company.

Hidayat, K et al. 2018. “Adding Value of Crispy Peperek Product Using Quality Function Deployment and Value Added Engineering.” In Journal of Physics: Conference Series, , 12074.

Hidayat, K, and M K Nasikin. 2021. “Product Development of Corn Rice Using Value Engineering Method.” In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, IOP Publishing, 12039.

Konuti, Rian, F S Ratulangi, J E G Rompis, and D B J Rumondor. 2018. “Pengaruh Pengunaan Perasan Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia S.) Terhadap Mutu Organoleptik Sate Daging Kambing.” ZOOTEC 38(1): 114–22.

Nugroho, Andriawan Haryo, and Dedy Kunhadi. 2018. Pengembangan Alternatif Desain Perbaikan Alat Potong Keripik Pisang (Studi Kasus Di Home Industri Pembuatan Keripik Pisang Desa Bangsri, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk. Matrik: Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi 13(1): 31–40.

Pitasari, Ulil Hikmah, Thomas Gozali, and Yudi Garnida. 2016. “Pendugaan Umur Simpan Sate Maranggi Dengan Metoda Aslt (Accelerated Shelf Life Testing) Berdasarkan Pendekatan Arrhenius.”

Prasnowo, M. Adhi, and Khoirul Hidayat. 2019. “Product Development Seasoning of Madura Satay.” Humanities and Social Sciences Reviews 7(3).

Pujianto, Totok, Roni Kastaman, and Ira Ayu Utami. 2016. “Penerapan Rekayasa Nilai Dalam Pemilihan Rancangan Kemasan Dan Rasa Produk Dodol Berdasar Pada Ketertarikan Konsumen.” In Proceeding Seminar Nasional, , 215–26.

Rahardjo, Christopher Richie. 2016. “Faktor Yang Menjadi Preferensi Konsumen Dalam Membeli Produk Frozen Food.” Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis 1(1): 32–43.

Rosita, Mardiana, Khoirul Hidayat, and Iffan Maflahah. 2018. “Analisis Nilai Tambah Olahan Ikan Peperek (Leiognathus Equulus) Menjadi Ikan Peperek Crispy Menggunakan Metode Value Engineering [Value Added Analysis of Peperek Fish (Leiognathus Equulus) Being Peperek Crispy Fish Using Value Engineering Method].” Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan 10(1): 15–25.

Sadikin, Jeremy Yonathan, Agustinus Suryandono, and Jumeri. 2015. “Development of Fortified Calcium Tortilla Snack as an Alternative Food for Casein-Free Gluten-Free Diet with Value Engineering Method for Small Scale Industry.” AGRITECH-JURNAL TEKNOLOGI PERTANIAN 35(2): 212–22.

Sianipar, D. 2008. “Sugiyono, Dan Syarief R. 2008. Kajian Formulasi Bumbu Instan Binthe Biluhuta, Karakteristik Hidratasi Dan Pendugaan Umur Simpannyadengan Menggunakan Metode Pendekatan Kadar Air Kritis.” Jurnal Teknologi dan Industri Pangan 19(1): 32–39.

Suliasih, Neneng, and Ina Siti Nurminabari. 2017. “Pengaruh Formula Dan Perbandingan Bumbu Serbuk Dengan Santan Serbuk Terhadap Karakteristik Bumbu Gulai Serbuk Dengan Metode Foam-Mat Drying.” Pasundan Food Technology Journal (PFTJ) 4(3): 167–75.

Ulya, Millatul, Wasilah Wasilah, and Raden Faridz. 2020. “Pengembangan Produk Minuman Herbal Berbasis Teh Cabe Jawa (Piper Retrofractum Vahl.) Menggunakan Metode Value Engineering.” Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri 9(2).

Waluyo, Minto. 2018. “An Experiment of Used Palm Oil Refinery Using the Value Engineering Method.” In Journal of Physics: Conference Series, IOP Publishing, 12229.

Unduhan

Diterbitkan

12/29/2023

Cara Mengutip

Hidayat, K., Natalia, H., Rakhmawati, R., & Firmansyah, R. A. . (2023). Strategi Pengembangan Sate Sebagai Makanan Khas Daerah Madura. Parjhuga : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Daerah, 1(2), 47–55. https://doi.org/10.60128/parjhuga.v1i2.1

Terbitan

Bagian

Artikel